DIRGAHAYU INDONESIA-ku – Dengan Semangat Persatuan dan Kesatuan Bangsa, Kita Kerja Nyata dan Kerja Bersama semoga Indonesia Makin Maju dan Sejahtera..... Mari kita wujudkan BEKASI BERSINAR (BERSIH, SEHAT, INOVATIF, AMAN DAN RELIGIUS)

Kamis, 19 Januari 2017

TEAMSPEAK COMMUNICATION SYSTEM

Teamspeak Comunication System is VoIP software designed with security in mind, featuring crystal clear voice quality, endless customization options, and scalabilty up to thousands of simultaneous users.






Semua pasti sudah pernah mendengar apa itu Teamspeak atau disingkat TS – kalau ingin tahu lebih jauh tentang TS silakan buka tautan di atas – yang sering dipergunakan oleh teman-teman RAPI sehingga dapat berkomunikasi 2 arah, antara android dengan radio VHF/HF.
Server Teamspeak 3 ini merupakan server pribadi Voice Multicomm Indonesia (VMI) milik Mas Romy – JZ30BTS, yang dengan sukarela dipersilakan untuk digunakan demi kepentingan penguatan jaringan komunikasi RAPI. Server ini dikelola oleh beberapa admin untuk memudahkan pengelolaannya. Private server ini juga menerima donasi yang tidak mengikat, dari berbagai pihak, demi kelancaran operasionalnya (syarat dan kondisi tercantum pada deskripsi server).

Untuk proses instalasi dan konfigurasi, silakan ikuti panduan konfigurasi Teamspeak 3 untuk Android berikut ini.
1.       Unduh dan instal aplikasi Teamspeak 3
Unduh Teamspeak 3 untuk Android
 di sini, selanjutnya instal seperti biasa. Jika anda mengalami kegagalan dalam proses instalasi, pastikan bahwa konfigurasi Android anda sudah memperbolehkan instalasi berkas .apk dari pihak ketiga. Pengaturan ini ada di Android anda.
~  Buka/jalankan aplikasi Teamspeak 3.
2.       Tambahkan New Bookmark.
3.       Isikan pada bagian Label: Misalnya: Teamspeak RAPI, Address: ts-roip.rapi.or.id, Nickname: call sign dan nama anda. Kemudian ketuk tombol Save.
4.      Bookmark dengan label Teamspeak RAPI sudah selesai dibuat. Untuk konek ke server Teamspeak RAPI ketuk label tersebut.
5.      Setelah melakukan setting pada aplikasi Teampseak, maka anda dapat bergabung pada salah satu room atau channel yang ada. Caranya ketuk dan tahan channel/room tersebut agak lama, sampai muncul tampilan Joint Channel. Pilih Room Indonesia #1 untuk bergabung dengan rekan rekan se Indonesia Raya
6.      Untuk berbicara, cukup tekan dan tahan tombol bergambar mic di bagian paling bawah tengah, seperti halnya menggunakan PTT pada HT; tekan untuk bicara dan lepas untuk mendengarkan. Jangan lupa pergunakan hansfree ....

Catatan:
Saat pertama kali terhubung ke server Teamspeak RAPI, anda tidak dapat langsung berbicara/TX, alias hanya bisa mendengarkan saja. Setelah tim admin memberikan hak bicara, barulah anda dapat berkomunikasi dengan rekan-rekan yang lain.

Namun bila kita menginginkan TS sebagai base station, kita bisa memasang aplikasi tersebut pada laptop atau komputer kita; agar lebih nyaman dalam berkomunikasi, siapkan juga headset. 
Silahkan unduh aplikasinya disini.

Sedikit berbeda dengan HP android yang menempatkan PTT pada sisi tengah bawah; bila kita menggunakan laptop, kita bisa seting / menentukan sendiri  tombol mana yang akan kita pakai sebagai PTT.

Untuk tombol PTT; lihat gambar diatas. Masuk ke menu Settings pilih Options dan ikuti petunjuk selanjutnya...

Semoga tutorial singkat ini membantu dan bermanfaat. Selamat berkomunikasi!
Silakan share/bagikan kepada rekan-rekan.


Untuk internet teleponi lainnya silahkan lihat disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar