DIRGAHAYU INDONESIA-ku – Dengan Semangat Persatuan dan Kesatuan Bangsa, Kita Kerja Nyata dan Kerja Bersama semoga Indonesia Makin Maju dan Sejahtera..... Mari kita wujudkan BEKASI BERSINAR (BERSIH, SEHAT, INOVATIF, AMAN DAN RELIGIUS)

Minggu, 04 September 2016

Membuat Antena Super Stick untuk HT

Ketika kita membeli sebuah radio kumunikasi/HT biasanya sudah ada antena standar bawaan yang sudah sesuai / matching dengan spesifikasi radio tersebut misal radio dengan gelombang vhf maka antenanya bawaanya juga antena vhf atau radio dengan gelombang uhf juga bawaanya adalah antena uhf. Bila kita bandingkan antena uhf lebih pendek di banding antena vhf.

Dengan menggunakan antena standar bawaan dari HT jangkauanya sangat terbatas,untuk komunikasi direct (PTP / point to point) sesama antena standar hanya beberapa ratus meter saja, Untuk menambah jarak jangkauan tentu di butuhkan antena yang lebih panjang dan lebih besar penguatanya, yang disesuaikan dengan frekuensi radio yang kita pergunakan. Untuk itu pada kesempatan ini kami akan berbagi dengan anda Cara Membuat Antena Super Stik Untuk Radio Komunikasi/HT dengan biaya yang sangat murah dan juga mudah dalam merakitnya.

Persiapkan bahan yang di perlukan untuk membuat antena super stik antara lain ;
1. Konector antena sesuai dengan radio yang akan di pasangi antena super stik tersebut
2. Antena stik radio untuk radio dengan band uhf cari yang panjangnya sekitar 30cm atau untuk band vhf panjang nya ketika di tarik  panjang 50 cm atau dengan rumus 1/4 lamda (1 lamda =C cepat rambat cahaya di bagi freqwensi kita memancar) 
3. Persiapkan juga kawat tembaga / kawat email diameter 0,6mm dengan panjang  1/8 lamda sesuai rumusan diatas
4. Jack mic toa (kalau di perlukan) yang berfungsi untuk menyangga antena agar bisa tegak,atau juga bisa dengan bahan lain yang kita anggap pas dan cocok untuk antena kita 


1.             Setelah bahan lengkap langsung saja kita mulai merakit antena,untuk langkah pertama kita membuat loading coil/kumparan dengan inti udara caranya lilitkan kawat tembaga/email pada  paku atau batang besi yang berdiameter 0,5cm sebanyak 7 lilit dengan arah berlawanan arah putaran jarum jam,buatlah kumparan ini serapi mungkin dan rapat
2.             Setelah kumparan/loading coil jadi kita mulai merakit antena dengan cara menhubungkan ujung yang satu dari loading coil pada inner conector aantena(bagian tengah dari conector) yang telah kita persiapkan dengan menyolder,kemudian hubungkan ujung yang lain dari loading coil dengan antena stik yang telah kita persiapkan,
perhatian !!!! pastikan solderan loading coil benar benar kuat karena apa bila antena sudah kita tutup dengan penyangga kalau hubungan/solderan loading coil tidak kuat dan lepas bisa berakibat rusaknya perangkat/radio kita.
3.             Langkah selanjutnya kita tes antena kita yang sudah jadi,kita gunakan antena kita untuk komunikasi seberapa besar tambahan jangkauan kita,menurut pengalaman kami perubahanya sangat besar,kalau kita menggunakan antena standar hanya beberapa ratus meter saja tapi dengan sama sama menggunakan antena super stik jangkauan bisa lebih dari 1km,bahkan pengalaman saya pada waktu gempa jogja 2006 kami bisa berkomunikasi dengan teman sama sama menggunakan antena super stik buatan sendiri jangkauanya lebih dari 4km meskipun sedikit kesulitan /kemresek.
4.             Ini berdasarkan pengalaman kami dan selama ini aman untuk perangkat radio/HT kami .Tetapi kalau ingin tes menggunakan SWR meter untuk mengetahui metcing dan tidaknya antena yang telah kita buat tersebut kalau ada alatnya dan bisa mengoperasikan silahkan,agar lebih mantab dan yakin. 
5.             Setelah kita tes dan hasilnya lumayan tinggal proses akhirnya yaitu pemasangan penyangga karena kalau tidak kita sangga antena buatan kita tadi tidak awet karena antena mudah bergerak dan begeser,sehingga solderan loading coil cepat rusak atau lepas,untuk proses pemasangan penyangga ini kita bisa modifikasi sendiri sendiri,kalau menggunakan bahan logam jangan sampai penyangga bersentuhan dengan antena atau loading coil,tetapi kalau penyangga menggunakan bahan plastik lebih mudah.
6.             Setelah selesai pasang penyangga bisa kita gunakan lem sieler atau lem kaca untuk mengisi sela sela antara penyangga dan loading coil,atau bisa dengan bahan lain misalnya resin kalau mau lebih awet,umpama di biarkan terbuka juga tidah masalah.
Demikian Cara Membuat Antena Super Stik Untuk Radio Komunikasi/ HT mudah mudahan bermanfaat untuk kita semua dan berguna bagiyang membutuhkan selamat mencoba dan terima kasih salam sukses.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar