DIRGAHAYU INDONESIA-ku – Dengan Semangat Persatuan dan Kesatuan Bangsa, Kita Kerja Nyata dan Kerja Bersama semoga Indonesia Makin Maju dan Sejahtera..... Mari kita wujudkan BEKASI BERSINAR (BERSIH, SEHAT, INOVATIF, AMAN DAN RELIGIUS)

Rabu, 15 Juni 2016

Menolong Korban Tenggelam

Kasus korban tenggelam baik di sungai, danau, kolam atau laut sering terjadi dengan korban yang mungkin hanya satu orang sampai yang ratusan orang. Apalagi ditinjau dari faktor geografis Indonesia yang terdiri dari kepulauan (dikelilingi laut) dan dialiri oleh banyak sungai besar dan kecil. Cukup banyak faktor yang menyebabkan seseorang tenggelam, bisa karena bencana seperti diseret banjir, karena olahraga seperti arung jeram atau renang atau karena musibah seperti tenggelam sebuah kapal serta banyak hal lain.
Bagi anda yang menemukan kasus untuk korban tenggelam, ada satu hal penting yang harus anda ingat yaitu anda bukan superhero yang selalu bisa menyelamatkan jiwa orang lain. Namun jika memang anda mempunyai keahlian dan dengan rasa kemanusiaan berkeinginan keras untuk menolong itu adalah hal yang sangat mulia, tapi sebelum memberikan pertolongan pertama terhadap korban tenggelam ada beberapa hal yang harus selalu diingat, diketahui dan dilaksanakan oleh seorang penolong.

Berikut Cara Menolong Korban Tenggelam yang Benar :
§  Penolong harus terlebih dahulu mengamankan diri sendiri.  Sebelum memberikan pertolongan kepada korban. Mengapa hal itu harus dilakukan? Karena biasanya korban tenggelam akan mengalami kepanikan dan cenderung akan menggapai, memegang atau merangkul benda-benda di sekitarnya serta meronta-ronta guna menyelamatkan dirinya. Hal ini sangat berbahaya jika si penolong tidak siap dengan kondisi tesebut.
§  Jika korban di air, usahakan menariknya ke darat dengan tali atau tongkat. Gunakan perahu jika ada.
§  Setelah korban dibawa ke darat segera telungkupkan, keluarkan air dan kotoran dari mulut secepatnya;
§  Lakukan pernafasan buatan dengan mulut. Baringkan terlentang si korban dan angkatlah dagunya. Peganglah hidungnya erat-erat dan hembuskan nafas pelan-pelan ke dalam mulutnya kira-kira 15 sampai 20 kali semenit. Dapat juga dengan menggunakan pipa dengan menahan bibir si korban di sekeliling pipa.
§  Jika jantung korban tidak berdenyut, lakukan pijatan jantung dengan menekan pangkal telapak tangan keras-keras di tengah-tengah tulang dada kira-kira 60 kali semenit. Angkatlah tangan setelah setiap melakukan tekanan.
§  Hangatkan korban baik dengan kain maupun alat lainnya;
§  Setelah proses di atas dilakukan namun belum bisa menyadarkan si korban, segera panggil ambulans dan mengantarnya ke rumah sakit/pusat kesehatan terdekat agar segera ditangani oleh medis.


Demikian cara-cara menolong orang yang tenggelam. Semoga bermanfaat. Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar