DIRGAHAYU INDONESIA-ku – Dengan Semangat Persatuan dan Kesatuan Bangsa, Kita Kerja Nyata dan Kerja Bersama semoga Indonesia Makin Maju dan Sejahtera..... Mari kita wujudkan BEKASI BERSINAR (BERSIH, SEHAT, INOVATIF, AMAN DAN RELIGIUS)

Selasa, 14 Juni 2016

SEKELUMIT TENTANG FOX HUNTING

Dengan membawa antena yagi 3 elemen ( handbeam ) dilengkapi sebuah receiver jadul IC-2N yang sudah modifikasi penambahan RF gain dan VU meter saya berlari dengan cepat kearah signal beacon. 

Tidak perduli lagi dengan bobot badan yang mendekati obesitas dan pandangan aneh bagi orang-orang yang melihatnya, saya tetap berlari dan melompat melewati halangan apapun yang ada didepan. Mengarah ke satu arah, dimana melihat simpangan jarum receiver di IC-2N menunjukan simpangan terbesar sebagai akibat dari arah beamwidth-handbeam yang secara periodik saya sweep (mencari arah) ke semua arah. Hanya dengan satu tujuan, yaitu mendapatkan stasiun beacon radio yang di umpetin oleh panitia dan kemudian ambil nomor sebagai bukti saya sudah berhasil mendapat fox tersebut.

Fox hunting merupakan permainan yang sangat mengasyikan dan menyenangkan karena kita diharuskan berlari dan mencari dan melacak sumber signal radio yang dipancarkan secara periodik dan diletakan disebuah lokasi yang benar-benar tersembunyi.

Disini kita dilatih phisik kita dan juga mengasah otak kita, untuk mencari dimana posisi beacon radio tersebut disembunyikan !!.

Ada kalanya stasiun fox itu; ditaruh pada pohon yang tinggi dan lebat, ada yang semua peralatannya dikubur dan dipendam, bahkan ada yang dimasukan kedalam air.


Namun karena  peralatan fox hunting kita sudah dilengkapi dengan sniffer yang dirakit dengan beberapa komponen diantaranya dioda , potensiometer ,capasistor dan vu mikro amper meter. Kelihatan cukup sederhana, namun sudah cukup canggih untuk bisa menemukan stasiun fox yang disembunyikan tadi.

 Sampai di stasiun fox yang dituju kita diwajibkan mengambil nomor urut kedatangan peserta sesuai  kategori peserta.

Akhirnya dengan kemauan yang tinggi saya belajar sendiri dari bikin antena, memodifikasi HT IC 2N hingga akhirnya saya bisa .

Kalau fox-nya dekat;.....handbeam begini.... ,
Kalau fox-nya jauh , ......hanbeam begini .....,
Kalau sinyal pantulan fox,......handbeam begini .......

Saya yakin teman-teman kalau mau dan tekun pasti bisa dan yang penting keinginan untuk berlatih..

Sebuah pengalaman dan kenangan  yang sangat menarik dan tidak mudah terlupakan.

Salam manis untuk Team Mata Merah Cikarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar